RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP
)
Sekolah : SMAN 6 KOTA JAMBI
Kelas / Semester : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran : FISIKA
Alokasi Waktu : 6 Jam Pelajaran
Standar
Kompetensi
1.
Menerapkan konsep besaran fisika dan
pengukurannya.
Kompetensi Dasar
1.1. Mengukur
besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Menggunakan alat ukur besaran panjang,
massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
2.
Mengukur besaran panjang, massa, dan
waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·
Menganalisis besaran dan satuan dalam
fisika.
·
Melakukan analisis dimensi terhadap
besaran-besaran fisika.
·
Membedakan antara besaran pokok dan
besaran turunan.
·
Menerapkan konsep besaran dan satuan
dalam perhitungan fisika.
·
Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
·
Melakukan pengukuran secara langsung
terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
·
Melakukan pengukuran terhadap besaran
turunan secara langsung dan tidak langsung.
·
Menganalisis ketidakpastian dalam suatu
proses pengukuran.
·
Mengolah data yang telah dikumpulkan
dari suatu pengukuran.
Ø
Karakter
siswa yang diharapkan :
§
Jujur,
Toleransi, Mandiri, Demokratis,
Komunikatif, Tanggung Jawab.
Ø Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri, Berorientasi tugas dan hasil.
B.
Materi
Pembelajaran
Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu
C.
Metode
Pembelajaran
1.
Model :
- Direct Instruction ( DI )
2.
Metode : - Diskusi Kelompok
-
Eksperimen
- Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengukur besaran panjang, massa, dan
waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong,
mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di
sekolah.
|
·
Membuat daftar (tabel) nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan
satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat
(misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak
di Jabar).
|
·
Siswa Diskusi Mengukur besaran
panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan
|
D.
Langkah-langkah
Kegiatan
PERTEMUAN
PERTAMA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi
dan Apersepsi:
-
Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
-
Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?
b. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi :
·
Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
·
Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai,melaksanakan eksperimen
dan penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
·
Guru
menginstruksikan siswa agar membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang
berlangsung.
( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )
Ø Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi :
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian besaran.
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian pengukuran.
·
Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI)
dalam pengukuran.
( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi :
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal.
·
Perwakilan dari tiap kelompok diminta
untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok.
·
Guru menanggapi hasil diskusi kelompok
peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·
Guru memeriksa penulisan analisis
dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
·
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahui.
( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )
c. Kegiatan Penutup
·
Guru memberikan penghargaan kepada
kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·
Peserta didik (dibimbing oleh guru)
berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa
latihan soal.
( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi,
Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa
ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi
dan Apersepsi:
-
Bagaimana cara mendapatkan hasil
pengukuran yang tepat?
-
Dapatkah kita megukur volume benda yang
berbentuk tidak teratur?
· Prasyarat
pengetahuan:
-
Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
-
Bagaimana cara mengetuhui volume benda
yang berbentuk tidak teratur?
· Pra
eksperimen:
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
yang digunakan dalam pengukuran.
b. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Guru menginstruksikan siswa agar
membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang berlangsung.
· Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk melaksanakan eksperimen dan
penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Ø Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
· Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan
pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika.
· Guru
mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan
menunjukkannya kepada peserta didik.
· Guru
mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek,
cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari
hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer
sekrup.
· Guru
meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang
ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik.
· Guru
menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan
waktu. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran
turunan.
· Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume benda
yang berbentuk teratur dan tidak teratur.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif,
Tanggung Jawab.)
Ø Konfirmasi
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru
memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
· Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
c. Kegiatan Penutup
· Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
· Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
· Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan Pendahuluan
· Motivasi
dan Apersepsi:
-
Apa manfaat melakukan pengukuran
berulang?
-
Berapakah angka penting dari bilangan
0,00005006 ?
· Prasyarat
pengetahuan:
-
Apa yang harus dilakukan agar pengukuran
memiliki kesalahan sekecil mungkin ?
-
Bagaimana cara menentukan jumlah angka
penting ?
b. Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
· Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
· Guru menginstruksikan siswa agar
membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang berlangsung.
· Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk melaksanakan eksperimen dan
penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.);
Ø Elaborasi
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya
ketidakpastian dalam pengukuran.
·
Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam
pengukuran.
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting.
·
Guru memberikan contoh
soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting.
·
Guru menunjuk salah
satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting
di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
·
Guru memberikan
beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan
oleh peserta didik.
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
·
Peserta didik dalam
setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel
terikat.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
Ø Konfirmasi
· Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
· Guru
memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
· Guru
menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
c. Kegiatan Penutup
·
Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang
baik.
·
Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·
Guru memberikan tugas
rumah berupa latihan soal.
(nilai
yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung
Jawab.)
a.
Sumber
Belajar
a. Buku Fisika SMA/MA.
b. Lembar kerja
c. Alat dan bahan praktikum
b.
Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian : - Tes unjuk kerja
- Tes tertulis
b. Bentuk Instrumen : - Uji petik kerja produk
- PG
- Uraian
.
Contoh Instrumen:
-
Contoh uji petik kerja produk
Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada
beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.
No
|
Alat ukur panjang
|
nst
|
ketidakpastian
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
-
Contoh tes PG
Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan
Sistem Internasional adalah ....
a. waktu,sekon
b. panjang,
meter
c. massa,
kilogram
d. suhu,
kelvin
e. jumlah
zat, candela
f. intensitas cahaya, ampere
-
Contoh tes uraian
1. Apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan ?
2. Sebutkan apa saja yang termasuk dalam besaran pokok ?
3. Sebutkan apa saja yang termasuk dalam besaran turunan ?
4. Apa
yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?
Jambi, 2012
Mengetahui,
Kepala SMAN 6 Kota Jambi Guru Mata Pelajaran
H. Acep Sutoyo, S.Pd Rustina Sinaga, S.Pd
ayooo..berkunjung ke blog ku ...!!!
BalasHapus