Kamis, 20 Desember 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Fisika Kelas X



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       : SMAN 6 KOTA JAMBI
Kelas / Semester        : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran          : FISIKA
Alokasi Waktu           : 6 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
1.        Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
1.1.     Mengukur besaran fisika ( panjang, massa, dan waktu).

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Menggunakan alat ukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur.
2.         Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan.

A.       Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
·           Menganalisis besaran dan satuan dalam fisika.
·           Melakukan analisis dimensi terhadap besaran-besaran fisika.
·           Membedakan antara besaran pokok dan besaran turunan.
·           Menerapkan konsep besaran dan satuan dalam perhitungan fisika.
·           Mendeskripsikan pengukuran dalam fisika.
·           Melakukan pengukuran secara langsung terhadap besaran panjang, massa, dan waktu.
·           Melakukan pengukuran terhadap besaran turunan secara langsung dan tidak langsung.
·           Menganalisis ketidakpastian dalam suatu proses pengukuran.
·           Mengolah data yang telah dikumpulkan dari suatu pengukuran.

Ø Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.

Ø Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B.       Materi Pembelajaran
Pengukuran Panjang, Massa, dan Waktu

C.       Metode Pembelajaran
1.    Model             : - Direct Instruction ( DI )
2.    Metode            : - Diskusi Kelompok
                                      - Eksperimen
                                      - Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan beberapa jenis alat ukur: mistar milimeter, jangka sorong, mikrometer, neraca lengan, neraca pegas, dan stopwatch secara berkelompok di sekolah.

·         Membuat daftar (tabel)  nama besaran, alat ukur, cara mengukur, dan satuan yang digunakan secara individu yang berlaku di daerah setempat (misalnya: untuk ukuran massa: mayam di Sumut, untuk ukuran panjang: tumbak di Jabar).
·         Siswa Diskusi Mengukur besaran panjang, massa, dan waktu dengan mempertimbangkan ketelitian dan ketepatan


D.      Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
              
a.   Kegiatan Pendahuluan
·      Motivasi dan Apersepsi:
 -   Apakah panjang tergolong besaran pokok atau besaran turunan?
 -   Apakah manfaat satuan dalam pengukuran yang kita lakukan?

b.    Kegiatan Inti
Ø Eksplorasi
  Dalam kegiatan eksplorasi :
·           Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·           Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai,melaksanakan eksperimen dan penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.
·           Guru menginstruksikan siswa agar membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang berlangsung.

( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )

Ø Elaborasi
  Dalam kegiatan elaborasi :
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian besaran.
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara besaran pokok dan besaran turunan.
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pengukuran.
·           Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pentingnya penggunaan satuan Sistem Internasional (SI) dalam pengukuran.

( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

Ø Konfirmasi
  Dalam kegiatan konfirmasi :
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh besaran pokok dan besaran turunan.
·           Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·           Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan satuan Sistem Internasional (SI) dari beberapa besaran pokok.
·           Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·           Guru memeriksa penulisan analisis dimensi dari besaran turunan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·           Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui.

( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )


c.     Kegiatan Penutup
·           Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·           Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·           Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

( nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab. )

           

PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
·      Motivasi dan Apersepsi:
-       Bagaimana cara mendapatkan hasil pengukuran yang tepat?
-       Dapatkah kita megukur volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·      Prasyarat pengetahuan:
-       Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
-       Bagaimana cara mengetuhui volume benda yang berbentuk tidak teratur?
·      Pra eksperimen:
-       Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang digunakan dalam                      pengukuran.

b.    Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·      Guru menginstruksikan siswa agar membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang berlangsung.
·      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk  melaksanakan eksperimen dan penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

Ø  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran secara langsung dan pengukuran secara tidak lanngsung dalam fisika.
·      Guru mempresentasikan bagian-bagian mistar, jangka sorong dan mikrometer sekrup dan menunjukkannya kepada peserta didik.
·      Guru mendemontrasikan langkah-langkah penggunaan alat ukur, pengukuran suatu objek, cara membaca skala, menentukan nilai, dan membandingkan tingkat ketelitian dari hasil pengukuran dengan menggunakan mistar, jangka sorong, dan mikrometer sekrup.
·      Guru meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru, jika terdapat kesalahan langsung diberi umpan balik.
·      Guru menjelaskan pengukuran secara tidak langsung untuk besaran panjang, massa, dan waktu. Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengukuran besaran turunan.
·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengukur luas dan volume benda yang berbentuk teratur dan tidak teratur.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri,    Demokratis, Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

Ø  Konfirmasi
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·      Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

c.     Kegiatan Penutup
·       Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·       Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·       Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)


PERTEMUAN KETIGA

a.    Kegiatan Pendahuluan
·      Motivasi dan Apersepsi:
-       Apa manfaat melakukan pengukuran berulang?
-       Berapakah angka penting dari bilangan 0,00005006 ?

·      Prasyarat pengetahuan:
-       Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin ?
-       Bagaimana cara menentukan jumlah angka penting ?

b.    Kegiatan Inti
Ø  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
·      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·      Guru menginstruksikan siswa agar membaca buku paket tentang materi pelajaran yang sedang berlangsung.
·      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk  melaksanakan eksperimen dan penyelidikan untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.);

Ø  Elaborasi
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya ketidakpastian dalam pengukuran.
·      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mengurangi kesalahan dalam pengukuran.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menentukan jumlah angka penting.
·      Guru memberikan contoh soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting.
·      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai menentukan jumlah angka penting di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
·      Guru memberikan beberapa soal mengenai cara menentukan jumlah angka penting untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara pengolahan data dari hasil pengukuran.
·      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara variabel bebas dan variabel terikat.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

Ø  Konfirmasi
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
·      Guru memeriksa kegiatan pengukuran yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

c.     Kegiatan Penutup
·                      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

(nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Kerja keras, Mandiri, Demokratis,  Rasa ingin tahu, Komunikatif, Tanggung Jawab.)

a.        Sumber Belajar
a.     Buku Fisika SMA/MA.
b.    Lembar kerja
c.     Alat dan bahan praktikum
             
b.        Penilaian Hasil Belajar
a.     Teknik Penilaian          :           -  Tes unjuk kerja
                                       -  Tes tertulis  
    
b.    Bentuk Instrumen       :           -  Uji petik kerja produk
                                       -  PG
                                       -  Uraian
 .       Contoh Instrumen:
-         Contoh uji petik kerja produk
Isilah tabel berikut dengan mengamati skala pada beberapa alat-alat ukur panjang. Tentukan nst serta ketidakpastiannya.

No
Alat ukur panjang
nst
ketidakpastian
1



2



3



4




-         Contoh tes PG
Pasangan besaran dan satuan yang berdasarkan satuan Sistem Internasional adalah ....
a.       waktu,sekon                                  
b.      panjang, meter
c.       massa, kilogram
d.      suhu, kelvin
e.       jumlah zat, candela
f.       intensitas cahaya, ampere

-         Contoh tes uraian
1.    Apa yang dimaksud dengan besaran pokok dan besaran turunan ?
2.    Sebutkan apa saja yang termasuk dalam besaran pokok ?
3.    Sebutkan apa saja yang termasuk dalam besaran turunan ?
4.    Apa yang harus dilakukan agar pengukuran memiliki kesalahan sekecil mungkin?



                                                                                                           
                                                                                                            Jambi,                    2012
                                                                                                            Mengetahui,

Kepala SMAN 6 Kota Jambi                                                           Guru Mata Pelajaran


H. Acep Sutoyo, S.Pd                                                                        Rustina Sinaga, S.Pd
 



1 komentar: